+62 361 4722034

Level Bahasa Jepang Pemula dan Tips Meningkatkannya

level bahasa jepang pemula

Anda ingin meningkatkan level bahasa Jepang pemula ke yang lebih tinggi? Selain dengan rajin belajar, ada kok tips praktis agar kemampuan anda meningkat dengan cepat.

Mempelajari bahasa asing memang tidak semudah mempelajari bahasa ibu. Selain pengaruh lingkungan, penguasaan sebuah bahasa juga sangat ditentukan dengan penguasaan kota kata maupun pemahaman terhadap struktur kalimat. Namun dengan proses belajar yang rajin dan tekun, yakinlah bahwa anda juga bisa menguasai bahasa asing dengan cepat dan tidak sesulit yang dibayangkan.

level bahasa jepang pemula

Ada banyak manfaat dengan menguasai bahasa asing. Selain bahasa asing, Bahasa Jepang juga meerupakan bahasa asing yang sangat berpengaruh. Hal ini tak lepas dari dominasi Jepang terhadap perdagangan dan industri dunia. Bahkan rasanya tak ada produk Jepang yang tidak bisa masuk ke suatu negara. Dari kendaraan, peralatan elektronik, hingga komik.

Level Kemampuan Bahasa Jepang

Untuk mengetahui apakah anda masuk dalam level bahasa Jepang pemula atau sudah advance ada tes uji kemampuan bahasa yang bisa anda ikuti. Tes semacam ini juga diterapkan pada semua bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, terutama untuk mengukur kemampuan dan level penguasaan bahasa tertentu.

Jika TOEFL merupakan uji kemampuan bahasa Inggris, untuk tes bahasa Jepang dikenal dengan istilah Japanese Language Proficiency Test disingkat JLPT. Dalam bahasa Jepang JLPT popular degnan sebutan Nihonggo Noryoku Shiken atau NS atau Noken.

Dalam tes JLPT dibagi dalam 5 level kemampuan, yaitu N5, N4, N3, N2, dan N1. Level N5 adalah level paling dasar sedangkan level N1 adalah tingkatan yang sudah mahir. Untuk memberikan gambaran pada masing-masing level, berikut ini standar penguasaan bahasa Jepang yang harus anda capai.

Level N5

  • Sudah mampu atau bisa menguasai dan membaca 100 huruf kanji.
  • Menguasai setidaknya 800 kosakata.
  • Mampu membaca dan memahami kalimat standar yang ditulis dalam huruf hiragana atau kanji sederhana.

Level N4

  • Sudah mampu atau bisa menguasai dan membaca 300 huruf kanji.
  • Menguasai setidaknya 1.500 kosakata.
  • Mampu dan bisa membaca materi sederhana dan memahami percakapan sehari-hari yang diucapkan dengan perlahan.

Level N3

  • Sudah mampu atau bisa menguasai dan membaca 650 huruf kanji.
  • Menguasai setidaknya 3.750 kosakata.
  • Mampu memahami artikel dalam Bahasa Jepang yang ditulis dengan huruf kanji sederhana atau mudah, dan bisa mengikuti pembicaraan Orang Jepang yang diucapkan dengan kecepatan biasa atau normal.

Level N2

  • Sudah mampu atau bisa menguasai dan membaca 1.000 huruf kanji.
  • Menguasai setidaknya 6.000 kosakata.
  • Mampu dan bisa memahami artikel tentang topik umum, dan mengerti percakapan maupun berita yang disiarkan dengan kecepatan normal.

Level N1

  • Sudah mampu atau bisa menguasai dan membaca 2.000 huruf kanji.
  • Menguasai setidaknya 10.000 kosakata.
  • Mampu dan bisa memahami percakapan dalam situasi tertentu, dan mengerti perbedaan nuansa dalam suatu pola kalimat bila menggunakan kosakata tertentu.

Tips Meningkatkan Level Bahasa Jepang Pemula

Setelah mengetahui kemampuan minimal yang disyaratkan dalam setiap level tes Bahasa Jepang, lantas bagaimana sih tips meningkatkan level bahasa Jepang pemula agar bisa lebih baik? Yuk langsung saja simak di bawah ini.

Buat Target yang Realistis

Apapun yang anda lakukan tanpa adanya target yang jela dan relaistis hanya akan membuat anda patah semangat. Salah satu faktor penyebab yang membuat belajar bahasa asing sering gagal adalah karena tidak adanya focus pada target yang jelas. Misalnya, targetkan hafal 50 kanji dan 150 kosakata setiap bulannya.

Banyak situs di internet yang berisi pelajaran Jepang yang diberikan secara gratis. Manfaatkan saja situs-situs online tersebut untuk meningkatkan kemampuan anda dalam berbahasa Jepang. Bahkan ada aplikasi gratis yang bisa diunduh tentang kotakata dan pelajaran bahasa Jepang.

Itulah informasi tentang level bahasa Jepang pemula dan tips simpel untuk meningkatkan kemampuan anda, semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Level Bahasa Jepang Pemula dan Tips Meningkatkannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Contact PersonHubungi WA kami