+62 361 4722034

Mengenal Silabus Marugoto dalam Pembelajaran Bahasa Jepang

silabus Marugoto

Silabus Marugoto – Bagi anda yang berniat untuk menjalankan bisnis atau berkarir di negeri Sakura Jepang, maka fasih berbahasa Jepang menjadi sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan Jepang merupakan salah satu negara yang ketat terutama dalam hal ketenagakerjaan yang berasal dari negara lain. Kondisi ini tentu membuat setiap calon pekerja wajib memenuhi standar kemampuan berbahasa Jepang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Jepang.

Untuk bisa berbahasa Jepang sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan dunia kerja disana, maka kita harus juga menerapkan standar dalam belajar bahasa Jepang. Silabus Marugoto diciptakan untuk menjadi standar pembelajaran khususnya bahasa Jepang.

silabus Marugoto

Sedangkan Marugoto sendiri artinya adalah memberikan pembelajaran baik bahasa maupun kebudayaan secara utuh. Pembuatan standar ini dimulai sejak 1972 oleh badan khusus yang ada pada kementerian luar negeri Jepang. JF adalah Untuk itu, mari kita bahas mengenai berbagai hal tentang Marugoto ini.

Penerapan Penilaian dalam Silabus Marugoto

Dalam silabus Marugoto ini, kematangan seseorang dalam berbahasa di nilai dari 3 tingkatan besar.

A. Yang pertama adalah Basic atau dasar.
B. Independent User, yaitu pengguna bahasa secara mandiri.
C. Proficient User, yaitu pengguna yang telah mahir.

Di setiap tingkatan tersebut dibagi lagi menjadi dua, yaitu A1, A2, B1, B2, C1, C2). Untuk mempermudah bagaimana melakukan penilaian pada kemampuan anda sendiri.

Baca juga : Buku Bahasa Jepang Marugoto

Berikut informasi mengenai daftar faktor penilaian di setiap tingkatan yang ditetapkan dalam silabus Marugoto.

Level C2

  • Memahami hampir keseluruhan teks wacana dan lisan.
    Mampu merangkum informasi yang disampaikan secara lisan maupun tertulis dan menjelaskan kembali secara konsisten baik pokok pembahasannya maupun permasalahan di dalamnya.
  • Mampu secara fasih atau alami serta akurat dalam kondisi yang komplek serta mampu menjelaskan atau mengekspresikan perbedaan arti meski sangat tipis sekalipun.

Level C1

  • Mampu menunjukkan ungkapan sendiri secara fasih tanpa terlihat seperti mencari padanan kata yang di maksud.
  • Mampu mengerti teks yang panjang dari bermacam – macam topik dan mampu menangkap implikasinya.
  • Mampu menulis topik yang sangat komplek dengan penjelasan yang jelas dan struktur bahasa yang kuat. Dengan melihat penggunaan ungkapan konjungtif, penggunaan susunan kata, hingga penyatuan yang membentuk suatu teks saat itu, sehingga dapat terlihat apakah pembicara menguasai hal tersebut.
  • Mampu untuk memiliki diksi secara efektif dan luwes sesuai dengan tujuan, pekerjaan, sosial atau pengetahuan.

Level B2

  • Mampu untuk berinteraksi secara alam dan fasih (native speaker), tanpa seolah terbebani.
  • Mampu untuk menulis secara rinci dan jelas tentang sebuah topik yang cukup luas, mampu untuk menjelaskan cara pandang dari berbagai opsi dan pilihan sambil menjelaskan mengenai kekurangan dan kelebihan dari opsi yang diambil.
  • Mampu untuk memahami teks bertema kompleks, baik konkret maupun abstrak yang meliputi diskusi tentang hal teknis dari bidang keahliannya masing – masing.

Level B1

  • Mampu mengatasi kondisi umum yang sedang terjadi atau mungkin akan terjadi ketika pergi ke suatu wilayah bahasa tersebut akan digunakan.
  • Mampu menulis wacana yang saling berkaitan secara sederhana dengan topik tentang ketertarikan masing – masing pribadi atau mengenai diri sendiri.
  • Mampu menceritakan secara singkat mengenai kejadian, hal yang dialami, harapan, cita – cita, ambisi, melakukan penjelasan dan menerangkan alasan tentang suatu pendapat atau rencana.

Level A2

  • Mampu memberikan tanggapan suatu pertukaran informasi jika interaksi lisan secara sederhana dan lingkup keseharian, mengenai keseharian yang dikenal baik.
  • Mampu mengerti tentang ungkapan yang lazim ditemui dalam hubungan dengan suatu wilayah, seperti misalnya informasi mendasar mengenai keadaan keluarga, pribadi, tetangga, pekerjaan, berbelanja dan lain – lain.
  • Mampu menjelaskan suatu latar belakang tentang diri sendiri, kondisi lingkungan sekitar, serta masalah pada suatu wilayah dengan kalimat sederhana.

Level A1

  • Mampu berkomunikasi secara lisan dan memberikan bantuan jika lawan bicara berbicara secara lambat dan jelas.
  • Mampu menggunakan ungkapan dasar dalam keseharian yang lazim digunakan dan mampu memahaminya.
  • Mampu untuk memperkenalkan diri maupun orang lain, mampuuntuk bertanya dan menjawab tentang informasi pribadi, seperti halnya tempat tinggal, kenalan, tentang kepemilikan barang dan lain – lain.

Nah itu tadi informasi mengenai silabus pengajaran bahasa Jepang yang sangat penting harus anda ketahui sebelum anda berkarir di negeri sakura atau mungkin ingin menetap disana. Berusahalah untuk mendapatkan nilai bahasa Jepang setinggi mungkin seperti disyaratkan silabus Marugoto agar jalan anda bisa terbuka lebih lebar untuk berkarir di Jepang.

Be the first to comment on "Mengenal Silabus Marugoto dalam Pembelajaran Bahasa Jepang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Contact PersonHubungi WA kami