+62 361 4722034

Perusahaan Jepang di Indonesia Serap 4,7 Juta Tenaga Kerja

perusahaan jepang di Indonesia

Keberadaan perusahaan Jepang di Indonesia ternyata sangat besar. Indonesia dinilai oleh para pengusaha dari Negeri Matahari terbit sebagai pasar yang potensial. Begitu juga sebaliknya, bagi Indoneisia, Jepang adalah investor terbesar yang memberikan nilai yang tidak kecil.

Nilai investasi Jepang di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Secara akumulatif, seperti dikutip dari berbagai sumber, investasi langsung Jepang pada beberapaa tahun terakhir menempati urutan pertama di Indonesia. Pada tahun 2014, Jepang berada di peringkat kedua yang digeser oleh Singapura. Sedangkan pada tahun 2016, investasi Jepang di Indonesia tercatat sebanyak US$ 5,4 miliar, yang merupakan kenikan dibandingkan tahun 2015 yang tercatat sebanyak US$ 4 miliar.

Saat ini tak kurang dari 1.500 perusahaan Jepang yang menanamkan investasinya dan beroperasi di Indonesia. Kontribusi Jepang di sektor formal telah mencapai 10 persen terhadap PDB yang dihasilkan formal atau sebesar US $ 52,5 miliar.

perusahaan jepang di Indonesia

Untuk jenis usahanya, perusahaan Jepang ini cukup beragam, mulai dari otmotof, elektronika, hingga manufaktur. Untuk di bidang infrastruktur, perusahaan Jepang tersebut banyak berperan dalam pembangkit listrik yang memberikan kontribusi sampai 9.980 MW. Perusahaan Jepang juga menanamkan invetasinya dalam bidang infrastruktur transportasi dengan pembangunan MRT yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Yang menarik, kontribusi keberadaan perusahaan Jepang di Indonesia juga sangat positif dalam penyerapan tenaga kerja kita. Tercatat ada sekitar 93,3 persen tenaga kerja yang bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia tersebut merupakan pekerja lokal. Hingga saat ini penyerapan tenaga kerja Indonesia di perusahaan Jepang mencapai 4,7 juta orang.

Indonesia dan Jepang adalah Mitra yang Baik

Banyaknya jumlah perusahaan Jepang di Indonesia tentunya memberikan nilai yang positif. Seperti dikatakan Duta Besar Jepang untuk RI Masafumi Ishi, seperti dikutip dari beritasatu.com, bahwa Indonesia merupakan mitra bisnis yang baik bagi Jepang.

Prospek ekonomi Indonesia dinilai cukup bagus. Bahkan Masafumi menilai bahwa perkembangan ekonomi Indonesia dapat lebih cepat jika Indonesia terus memperbaiki dan meningkatkan iklim investasinya. “Kami senang bekerja sama dengan Indonesia di semua bidang kegiatan ekonomi,” ujarnya.

Baca juga : Level Bahasa Jepang Pemula

Ketertarikkan para pengusaha Jepang dalam menanamkan investasinya di Indonesia tampaknya memang besar. Setidaknya begitu kabar yang disampaikan Gatot M. Suwondo, mantan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk yang menyatakan ada ratusan pengusaha Jepang yang siap memindahkan usahanya ke Indonesia. Bank BNI termasuk yang cukup getol untuk menarik investor Jepang untuk membuka usahanya di sini.

Para pelaku bisnis Jepang itu kebanyakan adalah penyuplai kebutuhan industri otomotif asal negara itu. Di negeri asalnya, perusahaan tersebut masuk dalam kelompok usaha kecil namun di Indonesia mereka masuk dalam kategori perusahaan menengah.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus berkembang mengundang minat banyak pengusaha Jepang untuk merelokasi usahanya ke tanah air. Bahan menurut catatan Kementerian Perindustrian RI, tak kurang dari 30 hingga 40 setiaap tahunnya perusahaan Jepang yang mengajukan proses penanaman modalnya ke Indonesia. Sedangkan nilai investasinya berkisar antara US $ 30 juta hingga US $ 300 juta.

Besarnya jumlah perusahaan Jepang di Indonesia tentunya perlu dimanfaatkan dengan baik oleh para pencari kerja. Apalagi masih banyak tenaga kerja muda dan terdidik di negara kita yang masih menganggur dan belum mendapatkan pekerjaan. Nah, buat anda yang ingin bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia itu tentunya harus mempelajari Bahasa Jepang agar lebih mudah diterima dan berkarir setinggi mungkin.

Be the first to comment on "Perusahaan Jepang di Indonesia Serap 4,7 Juta Tenaga Kerja"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Contact PersonHubungi WA kami