+62 361 4722034

Bahasa Jerman Untuk Pemula dan Tips Belajar Mudah

bahasa jerman untuk pemula

Pada artikel kali ini admin akan membagikan tips belajar Bahasa Jerman untuk pemula yang mudah. Bagi Anda yang ingin serius belajar bahasa Jerman, semoga tips yang akan dibagikan di bawah ini bisa bermanfaat bagi Anda dan memacu semangat anda agar lebh tekun dan rajin dalam mempelajari bahasa asing yang satu ini.

Mengapa sangat penting bagi seseorang untuk mempelajari Bahasa Jerman bagi pemula yang nantinya dilanjutkan sampai tingkat pembelajaran yang paling tinggi? Jawabannya karena mempelajari Bahasa Jerman memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan.

Diantara keuntungan tersebut adalah memungkinkan anda untuk mendapatkan beasiswa gratis untuk kuliah di Jerman. Peluang kerja di Jerman juga akan lebih besar lagi jika anda mampu menguasai Bahasa Jerman. Selain kedua manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat mempelajari Bahasa Jerman untuk pemula dan expert.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman untuk Anak

Sebagai langkah awal belajar Bahasa Jerman untuk pemula, perlu diketahui terlebih dahulu kata-kata dalam Bahasa Jerman yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari (Deutsch im Alltag).

Huruf Spesial Dalam Bahasa Jerman

Sebenarnya alphabet Bahasa Jerman memiliki kesamaan dengan alfabet umum yang kita kenal. Hanya saja dalam Bahasa Jerman, ada empat huruf spesial yang sering dipakai. Hal ini perlu diperhatikan bagi setiap orang yang belajar Bahasa Jerman untuk pemula. Keempat hal tersebut adalah :

ä, ö, ü – tergolong tiga huruf umlaut (die drei Umlaute). Jika penulisannya tanpa menggunakan umlaut atau tanda titik dua di atas huruf itu maka menjadi ae, oe, ue. Contoh:

• Sägen (saegen)
• Schön (schoen)
• Müll (Muell)

ß – Sering disebut dengan huruf SZ (das Eszett). Ini bukan lambing beta meskipun menggunakan lambang beta. Jika dijabarkan bisa ditulis menjadi ss.

Contoh: heißen (heissen).

Jika kamu ingin mengetahui cara pelafalan alfabet Bahasa Jerman, sebaiknya kamu menyimak artikel How to Pronounce the German Alphabet.

Cara Membaca Tulisan Dalam Bahasa Jerman

Keumuman cara membaca tulisan dalam Bahasa Jerman sama dengan pengucapannya. Meskipun demikian, kamu tetap harus berlatih Deutsch hören. Terdapat dua huruf dalam Bahasa Jerman yang memiliki perbedaan antara cara penulisan dengan cara pengucapannya, yaitu :

eu – dibaca oi. Contoh: europa [oiropa]
ei – dibaca ai. Contoh: mein [main]

Perlu diketahui bahwa dalam Bahasa Jerman terdapat banyak kata yang menggunakan huruf Z dan seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya : zu, zwei, zurück, zwanzig, ziemlich, zweiundzwanzig, bezahlen, usw.

Banyak lembaga bimbingan Bahasa Jerman yang keliru dalam membaca huruf Z di dalam bahasa Jerman. Kesalahannya karena huruf Z tersebut disubtitusikan dengan huruf C, sehingga untuk membaca zu menjadi cu, zwei menjadi cwei. Kondisi ini sama dengan kata-kata lain yang memiliki huruf Z di dalamnya.

Hal ini tentu saja merupakan kesalahan, karena huruf Z dalam Bahasa Jerman tidak bisa dibaca dengan huruf C. Solusinya, huruf Z dalam Bahasa Jerman dibaca seperti huruf Z dalam Bahasa Indonesia.

Demikianlah sedikit informasi tentang beberapa hal dasar dalam belajar Bahasa Jerman yang bisa dipelajari untuk anda yang masih pemula. Mengenal dan mempelajari hal-hal yang mendasar semacam apa yang telah dipaparkan di atas akan memudahkan anda dalam menguasai bahasa asing yang satu ini.

Semoga sedikit tips belajar mudah bahasa Jerman untuk pemula ini dapat menginspirasi dan menambah semangat anda untuk lebih semangat untuk masa depan anda yang lebih baik.

Be the first to comment on "Bahasa Jerman Untuk Pemula dan Tips Belajar Mudah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Contact PersonHubungi WA kami